RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran :
Kelas :
Semester :
Alokasi Waktu :
Standar Kompetensi**
1. Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Kompetensi Dasar
1.2. Menjelaskan pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
A. Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat memahami arti penting keutuhan NKRI.
§ Siswa dapat menjelaskan fungsi Pancasila sebagai perekat persatuan bangsa.
§ Siswa dapat menjelaskan makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi politik, sosial budaya, ekonomi, dan pertahanan-keamanan.
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ), Integritas ( integrity ), Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )
B. Materi Ajar
§ Arti penting keutuhan NKRI
§ Fungsi Pancasila sebagai perekat persatuan bangsa
§ Makna kesatuan wilayah Indonesia
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§ Pendekatan Kontekstual.
§ Pendekatan Cooperative Learning.
§ Diskusi kelas.
§ Tanya jawab.
§ Ceramah.
§ Penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
§ Kegiatan Awal
– Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
– Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
– Guru bertanya kepada siswa tentang kegiatan apa saja yang siswa lakukan setelah pulang dari sekolah.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru berceramah kepada siswa tentang kehidupan siswa yang damai dan tenang dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari (sekolah, bermain, berpergian, dan lain-lain); hubungannya dengan keragaman dan kekayaan budaya; kedaulatan Indonesia sebagai negara kesatuan; serta legalitas negara yang lengkap dengan hukum dan peraturan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F mengatur kelas diskusi dan membagi jumlah siswa dalam beberapa kelompok.
F Siswa mendiskusikan arti penting keutuhan NKRI dengan panduan guru.
F Siswa menceritakan hasil diskusi secara bergiliran di depan teman-teman.
F Siswa lain menanggapi hasil diskusi kelompok teman
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
F Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
F Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
Pertemuan Kedua
§ Kegiatan Awal
– Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
– Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
– Guru dan siswa bertanya jawab tentang rutinitas siswa belajar di rumah.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru meminta seorang siswa membaca Pancasila dengan lantang di depan teman-teman, lalu siswa lain menirukannya.
F Siswa memperhatikan gambar lambang kelima sila pada burung garuda, dan guru menjelaskan makna lambang tersebut.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru menunjuk lambang sila pada gambar burung garuda secara acak dan siswa menebak menyebutkan isi silanya secara bersama-sama.
F Guru bercerita tentang sebab-seBab dirumuskannya Pancasila.
F Guru mengatur kelas untuk berdiskusi dan membagi siswa dalam beberapa kelompok.
F Siswa mendiskusikan fungsi Pancasila bagi NKRI dengan panduan guru.
F Siswa melaporkan hasil diskusi secara berkelompok
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu, untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
F Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
F Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk menutup pertemuan.
Pertemuan Ketiga
§ Kegiatan Awal
– Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
– Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
– Guru mengajak siswa bertanya jawab tentang kebiasaan membaca buku.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru memperkenalkan kosakata dalam berbagai segi kehidupan bernegara (misalnya kata “politik”, “sosial”, “budaya”, “ekonomi”, “pertahanan-keamanan”), lalu menjelaskan makna kata-kata itu secara general.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa dan guru bertanya jawab tentang makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi politik, sosial, budaya, ekonomi, pertahanan-keamanan secara general.
F Guru menyiapkan kelas diskusi.
F Siswa berdiskusi tentang makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi politik, sosial, budaya, ekonomi, dan pertahanan-keamanan.
F Siswa melaporkan hasil diskusi.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber/Bahan Belajar
§ Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan Narasumber umum.)
§ Berbagai buku sejarah perjuangan bangsa.
§ Burung garuda Pancasila, beserta tamengnya.
§ Lagu ”Garuda Pancasila”.
F. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ Memahami arti penting keutuhan NKRI.
§ Mampu menjelaskan fungsi Pancasila sebagai perekat persatuan bangsa.
§ Mampu menjelaskan makna kesatuan wilayah Indonesia dari keempat segi kehidupan bernegara (politik, sosial budaya, ekonomi, pertahanan-keamanan).
|
§ Tugas individu.
Tugas berkelompok
Tugas individu
|
§ Penilaian daya nalar.
§ Penilaian unjuk kerja (hasil diskusi).
§ Penilaian lisan.
§ Penilaian daya nalar.
§ Penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercerita dan keterlibatan dalam diskusi).
§ Penilaian lisan.
§ Logika dan kreativitas contoh yang diberikan siswa.
§ Penilaian unjuk kerja (keberanian anak mengungkapkan isi pikiran)
|
§ Apa maksud semboyan Bhinneka Tunggal Ika?
§ Apa saja usaha yang dilakukan pemimpin bangsa kita dahulu dalam mewujudkan NKRI?
§ Mengapa Indonesia berbentuk negara kesatuan?
§ Apa alasan dibentuknya Pacasila?
§ Apa fungsi Pancasila bagi NKRI?
§ Apa makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi ekonomi?
§ Apa makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi sosial-budaya?
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
| |
Pengetahuan
|
Sikap
| |||||
1.
2.
3.
4.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Bogor, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas V
NIP : NIP :
> Berkomentarlah Sesuai Artikel diatas
> Link aktif otomatis akan dihapus
> Hatur Nuhun