Home » , » Gejala/tanda awal sampai kronis dari penyakit kaki gajah

Gejala/tanda awal sampai kronis dari penyakit kaki gajah

Gejala/tanda awal sampai kronis dari penyakit kaki gajah - Melanjutkan artikel cara penularan penyakit kaki gajah, bahwa penyakit kaki gajah tidak menunjukkan gejala/tanda awal yang khas. Biasanya orang yang pertama yang mengalami terjangkit oleh penyakit ini adalah menimbulkan demam berulang-ulang selama 3-5 hari. Demam ini dapat hilang bila si penderita istirahat dan muncul lagi setelah si penderita bekerja berat meski demam dapat sembuh sendiri tanpa di obati.

Gejala/tanda awal sampai kronis dari penyakit kaki gajah

Lalu sebagai reaksi masuknya cacing filaria adalah tubuh bisa memberikan reaksi berupa pembengkakan saluran getah bening yaitu di daerah lipatan paha atau ketiak yang tampak kemerahan, panas dan sakit. Ketika reaksi berlangsung lebih lanjut, bisa timbul bisul yang kemudian pecah mengeluarkan nanah dan darah.

Kemudian pembesaran tungkai, lengan, payudara, atau buah zakar bagi laki-laki yang terlihat agak kemerahan dan terasa panas. Dan mungkin ada yang bertanya apakah penyakit kaki gajah selalu menimbulkan gejala? Jawabannya tidak. Karena banyak penderita kaki gajah ini tidak menunjukkan gejala sama sekali tetapi di dalam tubuhnya terdapat cacing filaria.
Baca juga artikel: Cara penularan penyakit kaki gajah
Ketika penderita kaki gajah sudah memasuki tahap menahun atau kronis akan mengakibatkan:
  • Terjadi pembesaran menetap pada tungkai, lengan, payudara, atau buah zakar dan alat kelamin wanita yang menimbulkan nyeri/rasa tidak nyaman berkepanjangan.
  • Air kencing seperti air susu karena banyak mengandung lemak dan kadang-kadang disertai darah.
  • Sukar kencing
  • Kelelahan tubuh
  • Kehilangan berat badan
Sebagai catatan dari pembesaran kantong buah zakar sampai ukuran tertentu bisa dilakukan dengan operasi, sedangkan pembesaran menetap pada tungkai bisa diringankan dengan membersihkannya secara rutin dan berolah raga ringan.

0 komentar:

Post a Comment

> Berkomentarlah Sesuai Artikel diatas
> Link aktif otomatis akan dihapus
> Hatur Nuhun