Jasaview.id

Contoh SK Pembentukan Komite Sekolah Terbaru

Contoh SK Pembentukan Komite Sekolah Terbaru

Komite Sekolah adalah badan independen yang memastikan keterlibatan masyarakat untuk meningkatkan kualitas, pemerataan, dan efektivitas tata kelola pendidikan di lembaga pendidikan, baik pada pendidikan prasekolah maupun pada program sekolah dan luar sekolah.
Contoh SK Pembentukan Komite Sekolah Terbaru
Contoh SK Pembentukan Komite Sekolah Terbaru

Misi komite sekolah adalah meningkatkan kualitas layanan pendidikan. Komite Sekolah menjalankan fungsinya secara kooperatif, demokratis, mandiri, profesional dan bertanggung jawab.

Menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 75 Tahun 2016 tentang Tata Cara Pembentukan Komite Sekolah SD, SMP, SMA, SMK Sederajat, anggota komite sekolah meliputi:
  • orang tua/wali siswa yang masih aktif di sekolah yang bersangkutan sampai dengan 50% (lima puluh persen)
  • tokoh masyarakat sampai dengan 30% (tiga puluh persen), meliputi: (1) memiliki pekerjaan dan gaya hidup yang dapat menjadi panutan bagi masyarakat setempat; dan atau, (2) anggota/direktur organisasi atau kelompok masyarakat yang terkait dengan pendidikan, tidak termasuk anggota/direktur organisasi pendidikan profesi dan pimpinan partai politik.
  • tenaga kependidikan paling banyak 30% (tiga puluh persen), antara lain: pensiunan guru; dan/atau yang memiliki pengalaman di bidang pendidikan.
  • Persentase yang tertera pada huruf a, b dan c merupakan batas maksimal sampai dengan jumlah anggota 100% (seratus persen) dan disesuaikan dengan kondisi masing-masing daerah.
Susunan dewan sekolah paling sedikit 5 (lima) orang dan paling banyak 15 (lima belas) orang. Anggota komite sekolah tidak boleh berasal dari:
  1. guru dan tenaga kependidikan sekolah yang bersangkutan;
  2. administrasi sekolah yang relevan;
  3. pemerintah desa;
  4. forum koordinasi pimpinan daerah;
  5. forum koordinasi pimpinan daerah;
  6. anggota Dewan Perwakilan Daerah; dan/atau
  7. pejabat pemerintah/pemerintah daerah yang membidangi pendidikan.
Itulah penjelasan singkat tentang komite sekolah dan fungsinya. Bagi Bapak Ibu guru yang membutuhkan Contoh SK Pembentukan Komite Sekolah Terbaru, bisa klik link DISINI.
Semoga bermanfaat bagi bapak ibu guru sekalian, tetap semangat mencerdaskan anak bangsa.

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Jasaview.id