Home » , » Makalah SPAI - Internet Dalam Perspektif Islam

Makalah SPAI - Internet Dalam Perspektif Islam

Makalah SPAI Internet Dalam Perspektif Islam

Makalah SPAI Internet Dalam Perspektif Islam - Makalah SPAI Internet Dalam Perspektif Islam

Internet merupakan salah satu penemuan terbesar abad 20. Dengan internet manusia dapat berkomunikasi dengan siapa saja di seluruh penjuru dunia dengan hitungan detik. Dengan internet manusia juga dapat memperoleh berbagai macam informasi yang diinginkan.

Menurut sejarah internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.
Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Seiring dengan berkembangnya zaman pemakaian internet tidak hanya digunakan dalam hal militer, tetapi telah meluas. Banyak universitas-universitas dan institusi pemerintahan maupun non pemerintahan yang terhubung dengan internet. Pada tahun 1989, Tim Berners dan peneliti lainnya dari CERN (European Laboratory for Particle Physics) mengusulkan suatu protokol sistem distribusi informasi di Internet yang memungkinkan para anggotanya yang tersebar di seluruh dunia saling membagi informasi dan bahkan untuk menampilkan informasi tersebut dalam bentuk grafik. Inilah awal dari world wide web (WWW) yang banyak digunakan oleh manusia di sluruh penjuru dunia. Dengan menggunakan WWW semakin mempermudah manusia dalam mengakses informasi yang ada dalam internet.

Dalam perspektif sains dan teknologi internet tentu saja merupakan salah satu teknologi yang sangat berperan penting dalam kehidupan manusia. Bisa dikatakan bahwa internet merupakan bagian vital dalam kaitannya tentang perkembangan teknologi terkini. Internet mempunyai andil yang besar dalam perkembangan sains dan teknologi modern, terutama dalam perkembangan teknologi informasi.

Perkembangan teknologi informasi berkembang dengan sangat pesat sehingga bahkan orang yang bergelut dalam bidang IT pun kadang kala kesulitan untuk terus mengikuti perkembangannya. Terlebih lagi sejak dengan adanya internet yang secara tidak langsung menghubungkan jutaan jaringan komputer yang ada. Hal ini membuat “infomation sharing” terjadi dengan sangat cepat dalam hitungan menit bahkan detik. Coba bandingkan dengan sebelum adanya internet. Kita masih berkirim surat yang notabene akan sampai paling cepat dalam satu hari, namun dengan teknologi internet melalui pemanfaatan email, dalam waktu singkat akan sudah sampai tujuan. Di satu sisi dengan adanya internet terlihat sangat bermanfaat dalam hal komunikasi informasi.

Dengan adanya internet perkembangan teknologi bisa menjadi semakin beragam. Pada awalnya internet digunakan untuk keperluan militer kemudian berkembang untuk keperluan penelitian, kemudian dengan munculnya WWW (world wide web) memunculkan berbagai macam hal yang baru. Mulai dari saling komunikasi antar manusia, saling bertukar informasi, sampai pada bisnis online.

Lebih lengkapnya Makalah SPAI - Internet Dalam Perspektif Islam silahkan klik link download


Makalah SPAI - Internet Dalam Perspektif Islam [Kata Pengantar]

Makalah SPAI - Internet Dalam Perspektif Islam [Pembahasan]

Makalah SPAI - Internet Dalam Perspektif Islam [Daftar Pustaka]