RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas / Semester : IV (empat) / II
Alokasi Waktu : 8 jam pelajaran (4x prtemuan)
========================================================
Standar Kompetensi : Menunjukkan sikap terhadap globalisasi di lingkungannya
Kompetensi dasar : Memberikan contoh sederhana pengaruh globalisasi di lingkungannya
Indikator :
- Mengetahui makna dari globalisasi
- Menyebutkan contoh-contoh pengaruh globalisasi di berbagai bidang kehidupan
- Menyebutkan pengaruh globalisasi di lingkungan sekitar
- Mengetahiu makna dari globalisasi
- Menyebutkan contoh-contoh pengaruh globalisasi di berbagai bidang kehidupan
- Menyebutkan pengaruh globalisasi di lingkungan sekitar
- Bersahabat/ komunikatif, gemar membaca, peduli sosial, dan rasa ingin tahu
Globalisasi dalam kehidupan
- Globalisasi adalah proses menyatunya warga dunia secara umum dan menyeluruh menjadi kelompok masyarakat. Globalisasi juga dapat diartikan sebagai penyebaran unsur-unsur kebudayaan baru, terutama mngenal informasi yang menyebar ke seluruh penjuru dunia melalui media cetak dan lektronik.
- Globalisasi berkaitan erat dengan perkembangan zaman. perkembangan tersebut dapat dilihat dari berbagai bidang, misalnya teknologi, komunikasi, transportasi, informasi, cara berpakaian, makanan, dan sebagainya. globalisasi adalah zaman yang berkaitan dengan perkembangan menyeluruh, di mana dunia ini bagaikan tanpa batas. globalisasi dapat diartikan sebagai kemajuan teknologi, berkembangnya alat komunikasi dan mudahnya informasi.
- Proses globalisasi ditandai dengan adanya perubahan dalam tatanan masyarakat. perubahan tersebut terjadi dalam berbagai bidang kehidupan. pengaruh globalisasi bisa baik dan bisa juga buruk terhadap segala bidang kehidupan masyarakat.
Diskusi kelompok, inkuiri, dan penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan awal
Apersepsi:
Siswa diberi penjelasan tentang globalisasi
Motivasi:
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik agar siswa mengetahui pengaruh globalisasi terhadap lingkungan sekitar
Kegiatan inti
Eksplorasi:
- Guru membrikan informasi agar siswa dapat memahami pengertian globalisasi
- guru memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antar peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya secara bersahabat/komunikatif, gemar membaca, peduli sosial, dan rasa ingin tahu
Elaborasi:
- melalui diskusi dan tanya jawab, siswa dapat menjelaskan ra globalisasi
- melalui diskusi dan tanya jawab, siswa dapat menjelaskan contoh globalisasi di berbagai bidang
- melalui metode inkuiri, siswa dapat menjelaskan pengaruh globalisasi di lingkungan sekitar
- siswa mngerjakan tugas latihan soal-soal tentang pengaruh globalisasi terhadap lingkungan sekitar pada buku LKS dan buku penunjang lainnya
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
- Dengan bimbingan guru, siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
- Siswa dan guru melakukan refleksi
- Guru memberikan tugas rumah (PR)
- Guru mrencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberi tugas, baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik
- Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
- Alat : -
- Sumber belajar : buku paket, buku lain yang relevan, dan LKS
- Teknis/jenis : kuis dan tugas individu
- Bentuk instrumen : tes tertulis dan tes lisan
- Instrumn/soal :
- jelaskan yang dimaksud dengan globalisasi!
- Sebutkan ciri-ciri yang menunjukkan era globalisasi!
- Jelaskan yang dimaksud dengan komunikasi!
- Jelaskan pengaruh globalisasi dalam bidang teknologi dan informasi!
- berikan contoh pengaruh globalisasi di bidang teknologi!
Mengetahui .........,...............20.....
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
_______________ _________________
NIP. NIP.