Home » , » Apa itu penyakit kaki gajah?

Apa itu penyakit kaki gajah?

Selamat siang untuk semuanya, kemarin saya sudah mengikuti penyuluhan tentang penyakit kaki gajah. Dan tidak ada salahnya sekarang saya akan berbagi pengetahuan Penyakit kaki gajah dengan anda semuanya.

Apa itu penyakit kaki gajah? penyakit kaki gajah adalah penyakit infeksi yang bersifat menahun. Yang arti nya apabila seorang sudah terjangkit penyakit ini, maka tidak dapat disembuhkan. Penyakit ini disebabkan oleh cacing filaria dan ditularkan oleh nyamuk. Kemudian akan hidup di dalam tubuh manusia, dan cacing ini berukuran sangat kecil menyerupai benang.

Apa itu penyakit kaki gajah?

Penyakit kaki gajah di Indonesia disebabkan oleh 3 spesies cacing, yaitu wuchehereria bancrofti, brugia malayi, dan brugia timori. Cacing filaria ini dapat bertahan hidup selama 4-6 tahun dalam saluran getah bening (bagian tubuh yang melindungi kita dari penyakit). Serta cacing ini berkembang biak dalam tubuh dan menghasilkan jutaan anak cacing yang beredar dalam darah. Penyakit kaki gajah ini dapat menimbulkan cacat menetap berupa pembesaran kaki, lengan, kantong buah zakar, payudara, dan alat kelamin. Dan dapat menyerang pada orang tua, anak-anak.

Banyak orang awam atau di pedalaman yang menyebut orang yang mengalami penyakit kaki gajah ini karena kutukan, kena guna-guna atau keturunan. Padahal penyakit kaki gajah ini disebabkan oleh cacing filaria dan ditularkan oleh nyamuk.
Baca juga artikel: Cerpen Hikmah
Kemudian akan menimbulkan pertanyaan apa dampak dari penyakit ini pada penderitanya?
Dampaknya penyakit kaki gajah diantaranya:
  • Keluarga penderita penyakit kaki gajah harus mengeluarkan banyak biaya untuk pengobatan.
  • Dapat menghambat penderitanya untuk bekerja seperti biasanya. Bahkan jika penderita sudah mengalami cacat, tidak bisa bekerja lagi.
  • Penderita penyakit kaki gajah akan mempunyai rasa rendah diri/minder/malu terhadap lingkungan.
Selain hasil mengikuti penyuluhan, materi diambil juga dari buku saku kader kesehatan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan ENVISION - RTI Internasional.

0 komentar:

Post a Comment

> Berkomentarlah Sesuai Artikel diatas
> Link aktif otomatis akan dihapus
> Hatur Nuhun